Menghargai dengan Uang

Tidak patut rasanya apabila segala sesuatu dinilai dengan uang. Bahasa kasarnya apabila semuanya dinilai dengan uang apa daya harga diri seorang manusia.

Meskipun pada kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan uang, namun jangan sampai segala sesuatu itu diuangkan.

Ada nilai-nilai yang itu bisa diserap meskipun tidak menghasilkan uang. Ilmu pengetahuan misalnya. Tapi saya dalam hal ini tidak bisa dinilai dengan uang.

Saat ilmu pengetahuan dinilai dengan uang rasanya terlalu murah. Sebab ilmu pengetahuan merupakan aset berharga bagi manusia yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam menjalani hidup.

Kecuali pada saat kita melakukan sebuah pekerjaan. Itu sudah berbeda. Kalau bekerja tidak digaji atau diberikan uang tentu ini bukan bekerja, tapi menjadi sukarelawan.

Dewasa ini tapi saya kita harus selektif dalam melakukan segala sesuatu. Jangan sampai gara-gara uang reputasi diri dipertaruhkan.

Lebih baik mati kelaparan terhormat daripada hidup hanya menjadi benalu bagi orang lain, ataupun hidup tidak punya nilai sama sekali.

Mungkin prinsip inilah yang dipegang oleh orang Jepang. Sampai mereka melakukan bunuh diri. Tapi kalau untuk yang bunuh diri ya jangan ditiru.

Posting Komentar

0 Komentar