Mengenang Hasan Tiro

Kisah tentang Hasan Tiro bukan hanya sebatas dongeng. Kisahnya merupakan kejadian nyata yang telah berlalu. Dia sudah meninggal dunia pada 3 Juni 2010.

Menurut Majalah Tempo, 25 Juni 2000, Hasan Tiro saat masih kecil pernah menangis kepada ibunya. Tiro mengaku setiap hari selalu terlambat datang ke sekolah lantaran orang-orang yang ditemuinya di jalan selalu mencium tangannya.

Mendengar tangisan anak, sang ibu menjawab bahwa yang dilakukan orang-orang itu bukan mengganggu. "Itu karena mereka menghormati kita," kata sang Ibu.

Penghormatan yang diberikan kepada pria kelahiran 25 September 1925 itu bukan tanpa alasan. Dia merupakan keturunan ketiga Tengku Syeh Muhammad Saman di Tiro.

Tiro merupakan anak yang dilahirkan dari pasangan Tengku Pocut Fatimah dan Tengku Muhammad Saman di Tiro.

Darah biru yang disandangnya, diperkaya saat dia masuk usia remaja. Tiro menimba ilmu hukum internasional di Universitas Colombia, Amerika Serikat, sampai meraih gelar doktor.

Hasan Tiro dan GAM

Hasan Tiro merupakan tokoh besar di balik Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Organisasi itu dideklarasikannya 4 Desember 1976.

Tiro membuktikan perannya dalam upaya memerdekakan bangsa Aceh. Dia keluar masuk hutan bersama pasukannya pada 1976-1979 untuk melawan pemerintah Indonesia.

Di tahun 1979 mengungsi ke berbagai negara karena tak tahan dengan serangan tentara Indonesia. Hingga pada akhirnya menetap di Stockholm, Swedia.

Pertengahan tahun 80-an, mantan pengusaha ini menghidupkan kembali perlawanan militer, dengan mengirimkan ratusan pemuda ke Aceh untuk berlatih kemiliteran di Libya.

Anak-anak muda yang dididik di Libya itulah yang akan tampil sebagai Tentara Neugara Aceh (TNA). Pasukan itu nantinya bakal disegani.

Akhir hayat

Hasan Tiro menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, 3 Juni 2010.

Beberapa orang menemaninya hingga detik-detik terakhir kepergiannya. Termasuk kolega-koleganya di GAM.

Sumber: Majalah Tempo. 25 Juni 2000. ACEH MERDEKA, HASAN TIRO, DAN SATU TAFSIR SEJARAH. Diakses pada 8 Juni 2022, dari https://majalah.tempo.co/read/selingan/114447/aceh-merdeka-hasan-tiro-dan-satu-tafsir-sejarah

BBC News Indonesia. 3Juni 2010. Sosok pendiri GAM, Hasan Tiro. Diakses pada 8 Juni 2022, dari https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2010/06/100603_profilhasantiro

Posting Komentar

0 Komentar