Analisis Kebencanaan dan Lingkungan

Analisis Kebencanaan dan Lingkungan
Ilustrasi 
Indonesia merupakan negara yang rawan diterpa bencana. Bencana itu mempunyai penyebab serta dampak yang bermacam-macam. Penyebab bencana ada yang datang secara alamiah, ada yang datang karena ulah yang disebabkan oleh manusia.

Dampak yang ditimbulkan pun juga bermacam-macam. Mulai dampak terhadap alam, juga dampak terhadap kehidupan bermasyarakat.

Salah satu penyebab utama mengapa Indonesia sering terjadi bencana adalah wilayah geografis Indonesia dilalui cincin api dunia. Karena itulah di Indonesia banyak ditemukan gunung berapi.

Keberadaan gunung berapi yang banyak juga menyebabkan Indonesia sering dilanda gempa bumi.

Namun, bagi wilayah Indonesia yang tidak ada gunung berapi, maka daerah tersebut tidak rawan terjadi bencana gempa bumi. Akan tetapi ada bencana lain yang bisa terjadi di wilayah yang tidak ada gunung berapinya.

Misalnya pulau Kalimantan, di daerah tersebut tidak rawan terjadi gempa bumi. Tapi, Kalimantan rawan terjadi bencana lain seperti kebakaran hutan tetap banjir.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan ancaman bencana. 

Pertama, memindahkan ancaman tersebut. Kedua, memindahkan orang yang tinggal di daerah bencana.

Kalau itu masih belum bisa dilakukan, upaya lain yang bisa dilakukan adalah membuat hidup berdampingan dengan ancaman bencana.

Paling mudah untuk meminimalisir ancaman dengan cara memahami karakteristik bencana. Saat karakter ancaman sudah dikenali maka strategi yang akan kita lakukan bisa terencanakan dengan baik.

Pertanyaannya: mengapa saat ada bencana kita sering panik apabila ada bencana alam? Karena selama ini kita tidak di edukasi sejak kecil.

Tulisan ini merupakan resume yang digunakan untuk memenuhi tugas selama mengikuti PKL PMII Blitar Raya

Posting Komentar

0 Komentar