#32 Catatan Seorang Demonstran

Tokoh-tokoh pergerakan mahasiswa jumlahnya sangat banyak. Diantara nama-nama yang banyak itu mengerucut segelintir nama yang mempunyai peran yang besar dan cemerlang. Namanya abadi dikenang, bahkan menjadi tokoh yang wajib diketahui oleh mahasiswa.

Siapa yang tidak mengenal Soe Hok Gie, tokoh mahasiswa pergerakan tahun 1960-an. Tentu jika kita suka membaca sejarah mahasiswa, tokoh ini tidak asing di telinga. Bukan harus aktivis, mahasiswa biasa pun juga harus mengetahui ini. Mengapa?

Soe Hok Gie (selanjutnya ditulis Gie) selama hidupnya adalah seorang kreator. Kesehariannya tidak hanya disibukkan untuk mengurus tugas kuliah yang diberikan oleh dosen, tetapi juga diisi dengan membuat karya. Karya yang dibuat berupa catatan harian.

Sejak duduk di bangku SMP, Gie sudah gemar menuliskan catatan hariannya. Dalam catatannya Gie menulis kegelisahan dan kegiatannya sehari-hari. Tak jarang kebenciannya dengan seseorang, ia tuliskan dalam secarik kertas di dalam kamarnya.

Sebagai contohnya yang ia tuliskan di catatan harian, saat ia gelisah dengan realitas yang diterimanya di bangku bangku sekolah. Waktu itu gurunya memberikan nilai jelek kepadanya. Padahal ia merasa nilai yang didapatkan lebih tinggi dari yang guru berikan. Sebagai contohnya yang tertulia di Buku Catatan Harian.

4 Maret 1957
"Hari ini adalah hari ketika dendam mulai membatu. Ulangan Ilmu Bumiku 8 tapi dikurangi 3, jadi tinggal 5. Aku tak senang dengan itu. Aku iri karena di kelas merupakan orang ketiga terpandai dari ulangan tersebut. Aku percaya bahwa setidak-tidaknya aku yang terpandai dalam Ilmu Bumi dari seluruh kelas. Dendam yang disimpan, lalu turun ke hati, mengeras sebagai batu. Kertasnya aku buang. Biar aku dihukum, aku tak pernah jatuh dalam ulangan." (Hal 58)

Gie, menuliskan catatan harian tidak rutin setiap hari. Terkadang ada jeda satu minggu bahkan satu bulan tidak menulis catatan harian sama sekali. Di samping, pastilah bagian-bagian yang bersifat privat tidak ikut dibukukan oleh kakaknya, Arief Budiman

Nama terakhir, bahkan menemukan tulisan Gie, dua tahun setelah Gie wafat. Waktu itu Arief sedang membereskan barang-barang Gie di kamarnya. Tanpa disengaja, Arief menemukan kumpulan catatan yang ditulis oleh sang adik di laci meja. Kemudian barulah catatan itu dikumpulkan untuk dibukukan.

Semangat menulis Gie, tidak hanya berhenti saat di bangku SMP saja. Saat naik ke jenjang SMA, bahkan sampai ke tingkat perguruan tinggi, semangat menulisnya tidak luntur. Malahan, saat di bangku kuliah tulisannya mulai mengarah ke arah politik waktu itu. Dan tentunya tulisannya semakin baik.

Misalnya, pada waktu tahun-tahun terakhir kepemimpinan Presiden Soekarno. Momen itu tidak luput dari perhatian Gie. Dirinya berperan sebagai salah satu orang yang punya kontribusi besar pada waktu itu untuk menurunkan Bung Karno.

Idealismenya sangat kuat. Setelah pucuk kekuasaan berganti, di kala banyak teman-temannya waktu demo kepincut menjadi bagian pemerintahan. Gie ogah untuk masuk di dalamnya. Ia menyebut teman-temannya sebagai seorang penjilat yang lihai merias diri.

Syahdan, siapa sangka. Embrio pembentukan mahasiswa pecinta alam (Mapala) berasal dari kampus Gie, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia. Sampai saat ini, organisasi ini sudah menyebar seantero Indonesia. Dulu, saat Gie muak dengan keadaan, dirinya sering pergi ke lembah maupun gunung.

Namun sayang, sang idealis dan pecinta alam itu telah berpulang selama-lamanya saat masih muda. Pendek kata: mati muda. Ia meninggal di Gunung Semeru saat mendaki gunung bersama 7 orang temannya yang lain. Waktu itu tanggal 16 Desember 1969, atau satu hari menjelang ulang tahunnya ke 27. Selamat tinggal Gie.

"Seorang filsuf Yunani pernah berkata bahwa nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah mereka yang mati muda." (Hal 96)

Judul Buku : Catatan Seorang Demonstran
Penyunting : Ismid Hadad, Fuad Hashem, Aswab Mahasin, Ismet Natsir, dan Daniel Dhakidae
Penerbit     : LP3ES
Tebal          : xxx + 385 hlm.
ISBN           : 9789793330334

Posting Komentar

0 Komentar