Tugas: Pengolahan Hasil Pertanian

 

foto: Sambal Pecel (sumber: cookpad.com)

1. Pilih satu produk pangan (boleh komoditas pertanian, perikanan, atau peternakan), kemudian jelaskan : - produk/komoditas tsb memiliki suhu aman untuk penyimpanan di suhu berapa - jika akan disimpan di suhu dingin atau suhu beku, berapa suhu optimum agar komoditas tsb tdk rusak - apa kerusakan yg mungkin terjadi pada komoditas tsb jika disimpan di suhu rendah/beku dan jelaskan mekanismenya (mengapa bisa terjadi kerusakan tsb)

Sambal Pecel Cair

Sambal pecel adalah makanan yang gemar dikonsumsi masyarakat. Makanan ini biasanya dimakan pada saat sarapan pagi. Pecel sangat identik sebagai makanan khas dari Blitar dan Madiun, dua daerah di Provinsi Jawa Timur.

Karena tingginya keinginan masyarakat untuk mengonsumsi sambal pecel, tentu dibutuhkan stok sambal pecel yang melimpah. Tulang punggung sebagai penyedia sambal pecel tidak bisa hanya disangga oleh dua daerah itu. Oleh karena itu sangat diperlukan daerah lain sebagai penyedia makanan pecel.

Di sisi lain kualitas dan lama penyimpanan sambal pecel juga harus ditingkatkan. Sebab, tanpa peningkatan kualitas, stok yang tersedia tidak akan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Ditambah lagi, keinginan masyarakat lambat laun beranjak ke makanan cepat saji.

Karena kegemaran masyarakat yang mulai bergeser, produsen harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat. Salah satunya membenahi kualitas produknya. Seperti halnya sambal pecel.

Pertanyaannya, bagaimana mampu membuat sambal pecel yang mampu bertahan lama dan cepat saji (sambal pecel cair)?
Salah satu jawabannya adalah dengan cara menyimpan sambal pecel pada suhu yang ideal.

Lalu, berapa suhu aman untuk penyimpanan sambal pecel cair?
Suhu amannya yakni 4 derajat celcius.

Sementara, apabila jika akan disimpan di suhu dingin atau suhu beku, berapa suhu optimum agar komoditas tersebut tidak rusak?
Suhu optimumnya dalam lemari es yakni 15 derajat celcius.

Terus, jika suhunya melebihi itu, apa resikonya?
Sambal pecel cair akan mengalami kerusakan, misalnya berupa: cita rasanya berubah atau biasa disebut tengik, kemudian bisa berjamur.



Sumber: Anonimus. 2015. Penentuan Umur Simpan Produk Sambal Pecel Siap Saji dengan Metode Accelerated Shelf Life Test (ASLT). [Online].    http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/85145. Diakses pada 17 Agustus 2021.

Posting Komentar

0 Komentar