Titik Harapan


Kehidupan adalah sebuah misteri dan kita manusia bertindak sebagai tokoh utama dalam drama kehidupan yang Tuhan rancang. Kita tidak pernah tahu kemana waktu akan menuntun kita melangkah dalam drama kehidupan ini. 

Ada kalanya kita bisa berada di zona nyaman tapi ada kalanya kita terdampar dalam keadaan yang sulit dan mencekam dan itulah kehidupan dengan misterinya.

Seperti kisah sahabatku, dia lewati perjalanan hidup yang rumit selama 12 tahun dia berjuang menggapai cita-citanya tahap demi tahap dengan keyakinan yang kuat dia terus berjuang melewati pahit manisnya kehidupan.

Dia lewati perjuangan usahanya dari satu kota ke kota lainnya, sampai saat ini usahanya sudah mencakup empat provinsi di pulau Jawa. Yang menjadi nilai lebih dari kisah ini adalah keadaannya yang terus berjuang dalam kondisi cacat fisik karena 4 tahun yang lalu yang menjadikan kecacatan di kaki kirinya.

Yang bisa kita ambil dari cerita singkat diatas adalah sebagai manusia kita tak pernah tahu hidup apa yang kita lalui ke depan. Tapi kita bisa menentukan ke arah mana diri kita akan melangkah. 

Dan kuncinya ada di diri kita sendiri selama diri kita punya keyakinan yang kuat untuk menggapai impian pasti akan selalu ada jalan untuk bisa meraihnya. 

Jadikan kekurangan yang kita miliki menjadi motivator untuk menumbuhkan motivasi yang bisa menjadi penyemangat diri untuk yakin dan tegar terus melangkah menggapai impian.

Seperti cerita sahabatku dalam keadaan yang kekurangan dia bukan terpuruk tapi justru dia semakin tegar melangkah dan apa yang ia dapat, kekurangan yang dimiliki kini tertutup dengan sendirinya oleh hasil jerih payahnya yang dia perjuangkan selama ini.

Intinya cobaan atau kemudahan yang kita alami di kehidupan ini bukan jadi acuan untuk kita menggapai impian. Pola pikir dan keyakinan itulah yang akan menggantikan kita untuk bisa terus melangkah di kehidupan ini.

Satu pesan yang bisa kita petik dari coretan sederhana ini adalah jangan pernah putus asa, terus berjuang, tetapkan keyakinan. Kehidupan seseorang bukan ada di tangan orang lain, tapi ada di diri kita sendiri. 

Belajar menggali potensi diri untuk mencapai dasar utama. kita tentukan langkah ke depan dan berusaha menabur kesan-kesan yang baik kapanpun di manapun kita berada. Dan yakin akan ada saatnya kita akan memetik hasil taburan kita selama ini.

Ucapan terima kasih untuk sahabatku yang menjadi inspirasi perjuanganku. Pemilik utama Hans Travel. Salam sukses.

Ditulis oleh warga binaan Lapas II A Blitar. Saya telah meminta izin kepada yang bersangkutan untuk mempublikasikannya.

Blitar, 14 Agustus 2020
(Mr x)

Posting Komentar

0 Komentar