#23 Tuhan dan Hal-Hal yang Tak Selesai

Membicarakan dunia secara keseluruhan tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada penemuan yang baru, selalu ada hal-hal yang ditinggalkan. Banyak sekali komponen-komponen yang ada di dunia ini yang masih belum di temukan jawabannya. Kaliber orang bertitel banyak belum tentu bisa menemukan jawabannya.

Dalam buku yang ditulis Goenawan Mohamad (GM), dengan judul "Tentang Tuhan dan Hal-Hal yang Tak Selesai" kita akan disuguhkan replika-replika di dalam dunia yang sangat membingungkan. Pembaca dituntut untuk berpikir kritis memahami tulisan dari GM. Terkadang saat membaca sebuah halaman dalam buku ini tidak paham sama sekali terhadap isinya. 

Rasanya GM menulis buku ini dalam keadaan yang penuh dengan banyak pikiran. Sampai pembaca pun dibuat bingung untuk memahami tulisannya. Terlepas dari kita yang bodoh atau pun kurang konsentrasi saat membaca, buku ini memberikan khasanah tersendiri pada pembacanya. Kita akan menyerah menyeberangi luasnya dunia dengan pemikiran yang dialami oleh GM.

Terkadang saat membaca di tengah-tengah halaman, saya menjadi terpikirkan, apakah ini sebab saya kurang membaca. Sehingga memahami buku yang tidak terlalu tebal saja sangat sulit. Referensi-referensi yang pernah dibaca GM juga dicantumkan dalam buku ini dalam sebuah kutipan-kutipan menarik. Hal itu membuktikan bahwa GM sendiri sangat luas sumber literaturnya.

Berbicara sosok GM namanya sudah masyhur sebagai seorang penulisan esai yang terkenal, tulisan esai yang telah dituliskan sangat banyak. Pendek kata : esais. Ia juga terkenal sebagai salah seorang jurnalis majalah Tempo kala itu. Karyanya yang luar biasa banyak membuat orang dengan mudah mengenal namanya. Seperti dia terkenal karena menuliskan tulisan yang terkadang membuat orang berpikir 5 kali.

GM adalah satu dari segelintir orang Indonesia yang sudah menembus zaman. Ia melampui orang-orang lain, sehingga yang terjadi, banyak orang yang sulit memahami keinginannya. Di tengah wajahnya yang garang, ternyata pemikirannya sangatlah luar biasa. Penulis buku Catatan Pinggiran ini, seperti oase yang ada di gurun pasir. 

Membaca buku "Tentang Tuhan dan Hal-Hal yang Tak Selesai" bagi orang yang awam (seperti saya), seperti menghitung banyaknya rambut. Sangat sulit sekali untuk dipahami. Saat saya membaca review dari sejumlah orang, ternyata juga demikian. 

Orang yang meresensi buku ini mengharapkan tulisan yang lebih rinci dari GM. Ada yang berpendapat, jika penulisannya lebih rinci dan banyak akan membuat orang lebih mudah untuk memahami. Tetapi inilah ciri khas GM, dia menulis tidak terlalu banyak, sehingga membuat orang yang membaca merenungi, meresapi, dan membedah apa yang ada di dalam buku.

Seperti judulnya, banyaknya tulisan yang ditulis dalam buku ini berjumlah 99. Hal ini membuktikan representasi dari sifat-sifat Allah SWT. 

Buku ini sangat direkomendasikan bagi pembaca yang ingin mengasah otak untuk berpikir kritis. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk bisa masuk ke dalamnya. Bacalah buku ini saat Anda benar-benar merasakan ketenangan. So, buku ini sangat menarik. Bacalah.


Judul Buku      : Tuhan dan Hal-Hal yang Tak Selesai
Penulis            : Goewanan Mohamad (GM)
Penerbit          : Kata Kita
Tahun Terbit   : 2007
Halaman         : 166
ISBN                : 9789711122017

Posting Komentar

0 Komentar